Senin, 20 April 2015

Peduli Anak-anak



SuA dengan Hose
Ditulis oleh : Yanne

Bulan ini Hose menunjukkan banyak kemajuan, kecenderungan merusak dan menggunting sudah sangat berkurang. Malah dia pernah memimpin teman-teman untuk mengatur semua mainan menjadi rapi sekali. Dan dia sangat bangga akan hasilnya. Tampaknya Hose sudah merasa kerasan di SuA (Sanggar untuk Anak).
Cerita di atas adalah laporan perkembangan seorang anak yang dititipkan di tempat penitipan. Orangtuanya bekerja dari pagi hingga sore, sehingga mereka memutuskan menitipkan anak di sebuah tempat penitipan  yang dikelola sebuah lembaga sosial swasta. Bagi yang kurang mengenal Hose, kutipan di atas terkesan biasa saja. Tetapi bagaimana seorang anak yang semula cenderung agresif kemudian menjadi periang dan merasa kerasan di lingkungan baru adalah hal indah bagi orang di dekatnya.
Berada di keadaan baru, asing, dengan pikiran-pikiran yang menyekitarinya adalah suatu tantangan tersendiri. Melakukan adaptasi seperti cerita Hose tadi, tidak cukup hanya dilakukan Hose tetapi juga dilakukan para pengasuh dan teman-teman di sanggar itu. Supaya Hose merasa aman, merasa diterima, dan menemukan keceriaan serta kemerdekaannya, juga diperlukan penerimaan tulus dari lingkungan barunya.
Pelajaran ini adalah hal klasik dalam sejarah pergaulan hidup manusia. Dan seiring tumbuhnya cara berkomunikasi, berteman; rasa saling menerima dan saling beradaptasi ini perlu terus dibangun. Bukan hanya pada hubungan baru bahkan pada hubungan pertemanan, bisnis, apapun yang melibatkan pribadi manusia, hal ini akan terus berlaku.
Perubahan, penyesuaian diri adalah hal lumrah dan alamiah pada diri manusia. Hari ini Hose memberi kita ruang melihat diri.


1 komentar:

  1. cara merawat ayam jago dengan baik dan benar
    judi sabung ayam dengan presentase kemenangan tertinggi
    Untuk info lebih lanjut bisa melalui:
    whatup : 08122222995
    Wechat : Bolavita.
    Line : Cs_bolavita.
    BBM: D8C363CA

    BalasHapus

FIKSI Di Malam PASKAH