Rabu, 22 April 2015

Baca Aturan Pakai



BACA ATURAN PAKAI, JIKA SAKIT BERLANJUT HUBUNGI DOKTER
Tulisan seperti yang tertulis di atas selalu bisa dijumpai di setiap kemasan obat. Tujuannya jelas, supaya pasien atau pengguna dengan cermat dan teliti memperhatikan petunjuk yang tertulis di dalam kemasan dan melaksanakan sesuai apa yang dianjurkan di petunjuk itu. Apa sebabnya harus mentaati petunjuk?Sebabnya adalah, obat memiliki kadar atau dosisnya sendiri-sendiri dan manusia juga memiliki kapasitasnya sendiri sendiri. Jika sampai salah, bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka fungsi atau manfaatnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Tidak mungkin dalam persoalan ini dipakai hokum ekonomi,semisal jika dalam sehari menanam modal 100 ribu keuntungan 25 ribu, lalu langsung menanam modal 1 juta dan keuntungannya adalah 250 ribu. Keuntungan dan perhitungan matetmatis hanya ada dalam dunia bisnis,sementara untuk dunia kesehatan tidak bisa, apalagi dunia iman.
Kisah perjalanan bangsa Israel pimpinan Musa menuju Kanaan dari Tanah Perbudakan, Mesir menjumpai aneka macam pengalaman. Salah satunya, yang dicatat di Keluaran 16:2-15 adalah pengalaman kekurangan bahan makanan. Dalam kasus ini, Allah menyediakan Manna dan Koloni Burung Puyuh untuk memelihara Kafilah yang kelaparan itu. Dalam memberi makanan itu Allah memebri petunjuk, “Makanlah secukupnya saja,gakusah kau menimbun untuk esok hari,,,”. Namun, namanya manusia yang telah dikuasai nafsu serakah, mereka ingin menimbun agar esok lebih santai, agar jika esok Allah lupa akan tugasnya mendatangkan Manna, mereka masih memiliki persediaan. Namun Allah tidak mau dipermainkan, timbunan manna itu esok harinya busuk dan tidak bisa dimakan lagi. Barulah mereka itu sadar.
Terkadang hidup kita tidak mau mengikuti ritme Illahi, meski sudah ada petunjuk kehidupan dengan jelas dan tegas. Manusia, termasuk kita, hanya ingin semua ada dalam kendali diri sendiri. Orang lain, bahkan Tuhanpun jika memungkinkan harus tunduk pada keinginan pribadinya. Dan jika kemudian ada pengalaman buruk, baruslah sadar. Tidaklah mungkin sembuh dalam sehari dengan meminum 15 tablet dari dokter yang seharusnya diminum lima hari. Sudah jelas, petunjuk disampaikan dengan tujuan jelas,memandu pemakai agar mendapati hasil yang sesuai, namun sering manusia ingin secepatnya menikmati hasil dank arena itu tidak tunduk kepada petunjuk.
Selamat mentaati semua petunjuk kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH