Rabu, 29 April 2015

CUMBUI kesulitan hidup, Jangan Hindari!

Mencumbui Kesulitan

Hampir setiap orang enggan berhubungan dengan yang satu ini. KESULITAN. Semua ingin terlepas dari kesulita dan menghadapi kehidupan dengan landai dan menyenangkan. Namun masalahnya adalah, bisakah kesulitan itu dihindari oleh makluk yang namanya manusia sepanjang ia hidup di tempat yang namanya dunia ini?Sepertinya sulit untuk menghindari kesulitan sepanjang manusia masih hidup di dunia ini. Dalam hal ini, kesulitan saya definisikan sebagai sebuah keadaan yang tidak sesuai dengan harapan. Yang menjadi pokok permenungan pagi ini adalah bukan bagaimana menghindari atau mengingkari kesulitan ini, melainkan bagaimana menghadapi kesulitan itu dengan hal yang berguna, atau malah sangat berguna.

UNTUK ANAK ANDA


Petrus dan Yohanes, yang diriwayatkan oleh Kisah Para Rasul pasal 4, hendak mengajak kita merenungkan tentang bagaimana menghadapi situasi sulit. KArena perbuatan baiknya (menyembuhkan orang sakit) mereka berdua malah menghadapi situasi yang sungguh tidak menyenangkan. Mereka ditangkap dengan dakwaan melanggar hukum yang berlaku. Memang aneh manusia itu,dari dahulu sampai sekarang, yang baik akan dilawan karena berpotensi merugikan dirinya atau kelompoknya. Demikian juga dengan kasus Petrus dan Yohanes, mereka ditangkap karena Imam-Imam Bait Allah (Elit Gereja) sangat tersungging,,,upss salah,,tersinggung saat mereka memiliki banyak pengikut/fans. Oleh karenanya,dengan otoritasnya Imam-Imam itu menangkap Petrus dan Yohanes.
Dalam keadaan tertangkap dan dengan kemarahan yang hebat, mereka diadili. Bisa dibayangkan bagaimana kalau sang penguasa itu marah, sedangkan Tukang Parkir saja kalau marah,,,hiiii,,,menakutkan. Namun itulah situasi yang dialami Petrus dan Yohanes. Namun demikian, mereka berdua tidak cengeng dan menangis darah,tidak sambat dengan memelas, namun justru bersaksi tentang "Pengalaman Iman" yang mereka rasakan. Sungguh sebuah keteladanan yang sangat pantas untuk diteladani, hingga saat ini. Dalam situasi sulit, Petrus dan Yohanes justru bersaksi dengan berani tentang pengalaman rohani,bagaimana dengan kita saat situasi sulit?Jangan-jangan kita malah berteriak sana-sini meminta didoakan saat sulit?Ya,,silakan..
Kesulitan hidup adalah sebuah kepastian,namun perjuangan mengatasi kesulitan itu adalah pilihan, tinggal bagaimana kita merespon dan menyikapi sebua yang terjdi.
Salam cinta untuk Semesta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH