Sabtu, 30 Mei 2015

Ruang Kerukunan



ALAT PERDAMAIAN
Perdamaian adalah sebuah keadaan di mana beberapa pihak saling mengerti dan memaklumi satu dengan yang lain,meskipun berbeda. Karena keadaan maka untuk menggapainya diperlukan media atau alat. Ada banyak media atau alat di sekeliling kita yang bisa dimanfaatkan untuk menggapai perdamaian itu dan yang penting lagi, yang namanya alat itu selalu bergantung dari si pemakainya. Ia, alat itu, bisa dipergunakan sebagai alat perdamaian namun juga bisa dipakai sebagai alat permusuhan.
Konflik Israel-Palestina, adalah noda hitam sejarah umat manusia sepanjang waktu. Entah apa sejatinya yang menjadi benih perseteruan kedua suku bangsa yang sejatinya berdekatan itu, yang pasti konflik atau permusihan keduanya telah “Menghasilkan” banyak prestasi negatif, diantaranya adalah korban nyawa diantara mereka. Berbagai alat atau media pernah dicoba dipakai untuk memperdamaikan mereka sepanjang sejarah, namun toh belum berhasil. Mereka, seolah dua kubu yang tidak saling  mengenal dan bila saling berjumpa, kosa kata yang ada dalam benak mereka berdua hanya “Dibunuh atau Membunuh”.
Sepakbola adalah pruduk budaya manusia yang di dalamnya bisa menjadi alat perdamaian ataupun alat perselisihan. Namun dalam Kongres Fifa yang baru saja berakir, media ini ternyata yang bisa membuat  dua bangsa berdekatan ini Berjabat Tangan. Meskipun hanya sederhana, namun untuk untuk dua bangsa ini, saling menjabat tangan adalah peristiwa langka.
“Sepakbola adalah urusan sepakbola,dan politik biarlah berurusan dengan dunianya”, Demikian Ofer Eini, Sekjen Federasi Sepakbola Israel mengatakan dalam pidato dan itu diamini oleh Jibril Rajoub, Sekjen Federasi sepakbola Palestina.
Sebuah keindahan dari sebuah permainan yang bernama sepakbola...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH