Rabu, 17 Februari 2016

UNTUK SINODE GKJ

SELAMAT ULANG TAHUN
Selamat ulang Tahun yahh...Aku mendengar bahwa hari ini, 17 Februari ini, kau sedang berulang tahun. Kalau tidak salah, karena aku terama sering salah, hari ini hari ulang tahunmu..selamat..selamat dehh..

Usiamu jauh lebih tua dari umurku. Kau lahir bakan saat simbahku belum lahir. Tapi tidak mengapa, aku masih tetap bisa mencintaimu, meski beda usia kita amat jauh. Kau merengkuhkya dengan sangat  baik. Totalitasmu terhadapku sungguh aku rasakan.

Diulang Tahunmu saat ini, aku berharap hubungan kita semakin mesra. Hubungan yang semakin intim demi kebaikan kita bersama. Aku hanya mau mengajakmu merenung sembari melihat jejak-jejak langkah ini. Beberapa waktu terakhir aku melihat bahwa dalam dirimu ada berbagai persoalan  dan pergumulan hidup yang teramat berat.

Beberapa anggota keluargamu memiliki persoalan yang cukup berat juga, namun kau bertahan dan bisa menatanya dengan baik. Meskipun baik itu tidak selalu bisa diterima oleh dua pihak. Perselisihan diantara anggota keluargamu juga sering nyaring terdengar daripada semerbak karyamu berbakti untuk semesta ini. Itu semua tidak mengurangi sayangku kepadamu.

Perihal kelahiranmu, karena belum ada akte yang jelas, juga sempat mengundang tanya beberapa anggota keluargamu,dan untuk ituperlu diteliti lebih seksama. Semua agar anggota keluargamu sejahtera dan saling bahagia.
Beberapa saranku untukmu di hari Ulang Tahunmu ini adalah, Berbenahlah dengan serius. Perhatikan seluruh anggota keluargamu dan bagian-bagiannya. 

Jangan sampai mereka saling sikut dan pukul sehinga saling melukai dan itu sungguh membuatmu dan aku juga merasa sakit. Hari ini kau kumpulkan anggota keluargamu, sahabat-sahabatmu dalam perayaan ulang tahunmu,itu bagus. Namun perlu juga kau cermati mereka semua, adakah kerukunan sejati hadir dalam perkumpulan anggota keluargamu itu?Adakah  persaudaraan murni yang terjadi?

Sering kudengar anggota-anggota keluargamu bertengkar karena beberapa hal yang sungguh sangat sederhana. Persoalan “Memberi Hidangan” saat saling berkunjungpun sempat dijadikan masalah yang diperbincangkan dengan sangat seru di beranda rumah besarmu. Lalu persoalan “Kenakalan “ anggota-anggotamu”, mereka banyak yang saling bertengkar,saling melukai, makanya, aku hanya bertanya padamu, adakah yang nanti saling berkumpul itu benar-benar ada ketulusan  bersatu?

Tingkat persaingan mereka juga perlu kau pikir. Satu dengan yang lain anggotamu itu terkadang tanpa disadari atau bahkan sangat sadar bersaing. Menurutku tidak ada yang salah dalam hidup bersama ini muncul persaingan, yang salah adalah saat ada yang tidak siap bersaing. Ada yang ingin menonjol, ingin berlari sendirian di depan, ada yang diam membisu,ada yang asyik dengan dirinya sehingga tidak bisa melihat persoalan nyata di sekitarnya.

Akhhh..itu semua dinamika dirimu,apapun itu, aku tetap sayang padamu.
Selamat ulang tahun pokoknya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH