Rabu, 02 Maret 2016

KLILIP


Kata di atas bukan kosa kata bahasa Indonesia, sehingga perlu saya menjelaskannya. Klilip itu benda, sangat kecil. Benda itu sejatinya memiliki namanya sendiri,menjadi bernama klilip karena merambah area tertentu yang bukan areanya, dan itu bisa menyebabkan gangguan yang berat. 

Klilip itu benda kecil yang masuk ke salah satu panca indera manusia, yaitu mata, karena kalau bukan masuk ke mata, bisa jadi namanya bukan klilip.
Dari kata klilip itu, munculah istilah klilipen, sekali lagi ini istilah bahasa jawa. Klilipen berarti, ada sebuah benda kecil yang sedang bertamasya ke mata dengan tanpa ijin. 

Keadaan orang klilipen sangat tidak nyaman, ada rasa perih,ngganjel dan juga sakit. Biasanya orang yang terkena klilip,klilipen itu berupaya menguceknya. Mengapa mengucek?Karena seolah ada dorongan kuat dari otak untuk menyuruh tangan bergerak mengusir klilip di mata itu. Akibatnya, jika tidak segera terusir ke luar, akan mengakibatkan mata merah dan semakin sakit.
Untuk mengusir klilip itu ada beberapa tips, baik yang bersifat mitos maupun berdasarkan logika. 

Di tempat saya kecil, ada mitos bahwa saat klilipen jangan dikucek,melainkan usaplah leher bagian belakang sebanyak 4-5x sambil mata terpejam, maka klilip akan hilang secepatnya.  Ini mitos dan kadar keakuratannya perlu bukti, namun saya selalu mempraktekan ini. Selain itu, cara diluar mitos, segeralah ke tempat air, rendamlah mata yang sedang terkena klilip tadi supaya klilipnya segera hanyut.

Klilipen bukan hal yang menyenangkan karena sangat mengganggu. Seperti yang saya tulis diatas, klilipen itu membuat  keadaan tubuh yang nyaman atau harmonis menjadi tidak nyaman dan tidak harmonis. Memang bukan persoalan dan benda besar penyebabnya, namun jika gagal mengantisipasi dan menangani persoalan klilipen ini, bisa jadi ada akibat yang berbahaya.

Hidup bersama sebagai manusiapun selalu diharapkan harmonis, namun tidak jarang banyak Klilip-klilip yang masuk dan merasuk dalam harmoni kebersamaan itu. Akibatnya, ada sakit, ada kepedihan, ada ketidaknyamanan. Jalan keluarnya adalah, keluarkan klilip itu dari mata kehidupan kita.

Salam Sore


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH