Jumat, 28 April 2017

BELAJAR DARI POHON KELAPA



Tumbuhan ini bukan merupakan tumbuhan langka, sehingga orang sulit untuk menjumpainya. Namun sebaliknya, tumbuhan ini adalah tumbuhan populer, utamanya di daerah tropis. Dia bisa tumbuh di semua tempat, meski tetap saja memiliki spisifikasi atau spesialisasi. Tumbuhan ini akan lebih cocok tinggal di tepian pantai meskipun di gunung dan pedalaman juga sangat bisa tumbuh dan berkembang. Dialah Pohon Kelapa.

 
Lazimnya tumbuhan atau pohon kelapa hanya satu batang, amat sangat jarang dia bercabang, meskipun juga pernah ditemukan. Namun lazimnya, pohon kelapa hanya satu batang. Dia tidak berdahan, namun memiliki pelepah yang seperti ranting, hanya akan bertahan dalam periode tertentu,untuk kemudian digantikan oleh yang baru.

Pohon kelapa hanya bisa tumbuh dengan satu cara. Dari bibit kelapa. Tidak bisa dengan berbagai cara, semisal cangkok ataupun stek. Benih kelapapun bukan sembarangan, harus yang sudah benar-benar matang di pohon dan lepas sendiri atau jatuh dari “janjangannya”. Tanpa cara itu, mustahil kelapa bisa bertumbuh. Artinya, dari cara berkembang biak pohon kelapa, manusia bisa belajar apa itu kesabaran.

Pohon kelapa juga tidak bisa dipaksa berbuah, dia hanya akan berbuah sesuai musim hidup asli darinya. Butuh waktu panjang dan melelahkan menunggu berbuahnya pohon kelapa.


Pohon kelapa terkenal kuat dan kokoh. Dia tegar mski sendirian menghadapi kerasnya kehidupan. Ini brbeda dengan pohon bamboo yang kuat karena berkoloni. Pohon kelapa kuat karena waktu berprosesnya sangat lamban dan panjang. Dari batang kecil atau tunas yang nampak lembut, berganti menjadi batangan kecil, kemudian mesti hidup bertarung dengan kerasnya alam.
Berbagai ancaman diterima pohon kelapa karena pohon kelapa hanya akan tumbuh normal jika dia hidup dan berkembang di alam bebas. Dia tidak bisa di tanam di dalam pot atau sebuah ruangan, andaipun bisa, pohon kelapa tidak mungkin bisa berbuah. Oleh karena hidup di alam bebas, menjadikan pohon kelapa harus rela menghadapi semua ancaman alam.
Dari bencana alam, ancaman makluk lain, semua silih berganti mengancam pohon kelapa. Namun dia tegar, dia kuat, dia sanggup melawan semua sendirian. Hanya sambaran petir yang mampu cepat meluluhlantakkan tubuh pohon kelapa.
Akar serabut pohon kelapa sangat banyak dan rapat. Meskipun nampak kecil dan terlihat lemah, namun sejatinya akar pohon kelapa sangatlah kuat dan kokoh. Banyaknya akar di dalam tubuh pohon kelapa menjadikan kekuatan pohon kelapa sangat kuat.
Batang pohon kelapa juga luar biasa hebat. Saat menginjak dewasa, dia biasanya dilukai demi membuka jalan manusia memetik buahnya. Luka itu tidaklah menghancurkan pohon kelapa, namun justru menunjukkan keindahan dan kekuatannya. Pohon kelapa yang menjulang rentan terhantam badai, hidup dialam terbuka akrab dengan panas dan hujan, namun semua justru membuat pohon kelapa semakin tegar  dan kokoh.
Dan saat pohon kelapa sudah dewasa serta menghasilkan buah, semua yang ada di pohon kelapa bisa berfungsi. Dan yang menarik berikutnya adalah, pohon kelapa dewasa sudah mampu mandiri, hidup dalam kesendirian dan tidak membutuhkan perawatan khusus.
Jika saja hidup kita bisa meneladani proses kehidupan pohon kelapa.
Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH