Sabtu, 22 April 2017

Selalu Ada Kemuliaan Dibalik Keharuan



Tulisan ini saya tulis terispirasi dari dua hal, yang pertama dari kisah Nicx Vujicix dan kedua dari rekan yang tanggal 22 April ini menyerahkan seluruh hidupnya untuk orang lain. Saya tidak akan membahas poin kedua, yang hari ini menyerahkan seluruh hidupnya untuk orang lain, namun saya akan menulis tentang Nicx Vujicic.

 
Banyak sudah yang mengenal kisah Nicx, dan semua ingin menularkan inspirasi kehidupan kepada siapa saja yang membaca atau mendengarnya. Seperti kebanyakan orang yang mengetahui kisah Nicx, saya juga terharu dengan kisahnya. Bagaimana tidak terharu, dia telahir dalam keadaan berbeda dengan manusia lumrah. Nicx terlahir tanpa kelengkapan kaki serta tangan. Dan karenanya, banyak yang mengatakannya CACAT.

Bisa dibayangkan betapa terpukulnya kedua orangtua Nicx saat tahu bahwa putranya terlahir dalam eadaan yang berbeda dengan umumnya bayi yang lain. Jika seandainya saudara yang membaca tulisan ini yang mengalami, bagaimana perasaan saudara? Sedih, menangis, kecewa itu pasti dan itu yang juga dialami oleh kedua orangtua Nicx. Dan ternyata diantara segala keterbatasan itu, orangtua Nicx tetap setia dan bahkan memberi kasih serta perhatian yang lebih.

Ada pergumulan, penolakan dan kemarahan meski marah kepada siapa sulit diarahkan, namun pada akhirnya orangtua Nicx sampai juga pada titik penerimaan. Setelah melewati titik penerimaan itu maka yang dilakukan oleh kedua orangtua Nicx adalah mengasihi dengan sepenuh hati, membimbing sengat setulus hati. Dengan keadaannya, orangtua Nicx sadar bawa kesabaran serta ketelatenan luar biasa dibutuhkan untuk mendampingi serta menolong anaknya menemukan hidupnya.

Bagi orangtua  Nicx, keterbatasan anaknya sebenarnya adalah kesempatan untuk memperlengkapinya dan bagi Nicx, keterbatasan itu adalah kesempatan untuk mendidik kesabaran kepada kedua orangtuanya. Sehingga dalam persoalan ini, justru kehadiran Nicx di dalam keluarga itu adalah jalan kesempurnaan yang mesti diwujudkan. Orangtua merasa diberi kesempatan untuk melatih kesabaran dan ketelatenan sedangkan Nicx tertantang untuk bisa menerima dan meniti jalan hidupnya dengan berguna.

Dan pada akhirnya banyak yang tahu bahwa Nicx akhirnya menjadi motivator ulung diseluruh dunia. Bisa dibayangkan jika Nicx lahir dalam segala kelengkapan, mungkin dia akan terlalai dan gagal menjadi orang yang bermanfaat untuk sesama. Dan pada akhirnya, memang benar bahwa dari setiap peristiwa, sejatinya ada kemuliaan yang sedang dipersiapkan.

Salam Kuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH