Minggu, 09 April 2017

Belajar Dari Nyala Lampu Listrik



“Sudah berapa kalikah saudara mencoba, hingga berani mengatakan selalu gagal?”, Demikian sebuah Tanya diungkapkan sahabat kepada rekan yang lain terkait keengganannya mencoba usaha untuk menata kehidupannya.


“Aku sendiri belum pernah mencoba kawan, hanya cerita dari beberapa rekan serta sahabatku yang membuat aku yakin bahwa jika aku mencobanya pasti akan gagal”, Jawab rekan yang murung meratapi nasip hidupnya.

“Janganpernah mengaku gagal kawan jika engkau belum pernah mencoba”, Jawab sahabat yang nampak lebih matang dan dewasa itu.

Sering kita langsung mengatakan gagal atau tidak berhasil meskipun belum pernah mencobanya. Atau baru sekali mencoba dan gagal lalu mengambil sebuah kesimpulan. Ini adalah virus bahaya yang ganas, yang bisa melumpuhkan kehidupan dengan semangat yang dipudarkan. Setiap manusia memiliki perbedaan, juga tentang pengalaman. Dan banyak yang enggan mencoba namun langsung berkesimpulan bahwa apa yang pernah dialami orang lain akan menimpanya juga.


Manusia sering gagal meniti jalan proses dan dengannya manusia menjadi makluk malas tanpa kreatifitas. Mentalitas dan etos kerja lembek sehingga selalu pasrah dengan keadaan. Memperbaiki kehidupan bukan seperti menyalakan lampu listrik yang sekali pencet menyala. Namun harus mengerti proses pembuatan daya listrik. Dari air, generator, sistem dan kemudian berbagai mesin yang dipergunakan mengubah daya listrik menjadi nyala lampu.
Jangan pernah hanya melihat cepatnya lampu menyala namun pahami proses pembuatan daya listrik. Dengan demikian niscaya manusia akan siap berproses. Gagal adalah keindahan meniti proses. Dan nanti setelah merasakan keberhasilan maka akan menikmati nikmatnya keindahan. Tekunilah dengan semangat usaha apapun yang ada disekitarmu. Doa dan upaya menjadi sangat penting untuk proses ini.
Jika gagal sekali cobalah dua kali. Jika dua kali gagal maka lakukan kali ketiga dan seterusnya sampai berhasil, karena di dalam setiap proses ada kekuatan Illahi yang sedang bekerja. Berpikirlah proses membuat daya listrik dan jangan hanya berpijak dari nyala lampu setelah saklar dinyalakan.

Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH