Jumat, 02 Desember 2016

INDAHNYA KERJASAMA



Dua orang anak usia  sekolah dasar berjalan menuju sebuah mata air. Memang di dusun kami, masih banyak yang mandi bukan di ruang privatnya, melainkan di tempat permandian umum, di kali,ujung dusun kami. Dua anak ini nampak sangat akrab, sembari berjalan mereka bersendagurau, terlihat dari gerakannya dan terdengar dari canda tawanya.
Sesampainya di lokasi mandi, mereka nampak mencari-cari sesuatu. 
Namun setelah sekian waktu,takjua mereka menemukannya. Kemudian nampak mereka berbisik,dan salah satu masuk ke dalam bilik. Sesaat kemudian yang masuk ke bilik itu menyerahkan pakaian dan beberapa miliknya untuk dipegang yang belum mandi. Begitu seterusnya, setelah yang satu selesai mandi,yang satunya melakukan hal yang sama. Menjaga milik rekannya dan membiarkan rekannya mandi dengan sejahtera.

Setelah selesai mereka kembali ke rumah mereka,dan kebetulan melewati tempatku berdiri. Iseng aku Tanya mereka, mengapa tidak mandi bersama-sama. Mereka menjawab tidak bisa bersama-sama karena tempat menggantungkan handuk dan baju lepas,sementara tanah sekitar basah dan banyak semutnya. Maka daripada kotor dan dikeroyok semut,lebih baik mereka mandinya bergantian. Aku terkejut, betapa dari anak-anak kecil nan sederhana ini, aku bisa memetik pelajaran kehidupan yang berharga. Pelajaran tentang kerjasama,tentang kerelaan,tentang keiklasan, tentang memberi kesempatan,tentang kepercayaan satu dengan yang lain.

Anak-anak kecil bisa saling percaya,meski mereka berbeda dan saya tahu, mereka beragama berbeda. Tidak ada saling curiga di sana meski sedikit kuatir, mereka melihat tayangan berita yang konyol di media Negara ini. Anak-anak kecil itu memberi tamparan keras kepada manusia dewasa, termasuk yang baca tulisan ini, tentang apa itu bekerjasama.  Mereka tidak ambil pusing agama mereka,mereka tidak ambil repot dengan bertita-berita,mereka ingin hidup sederhana. Mereka bekerjasama demi kemanusiawian mereka,mereka saling percaya sebagai sesame manusia, bukan karena agama yang sama atau berbeda.

Oiya, akhirnya mereka bisa mandi dengan nyaman dan aman. Dan mungkin merekapun segera berangkat sekolah bersama, di hari jumat yang penuh makna. Semoga jumat ini, semua bisa bahagia,tanpa saling membuat luka..

Salam Nusantara..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH