Jumat, 01 November 2019

LIFE MAP MISKIN



Setiap orang sudah memiliki sebuah peta kehidupan atau life map di pikiran bawah sadarnya. Misalnya diwaktu kecil Anda melakukan kesalahan yg membuat marah ibu sehingga membuat ibu Anda meneriakkan "kata terlarang" seperti :"Masih kecil sudah belajar mencuri, besar nanti kamu pasti masuk penjara", dengan emosi kemarahan. Kalimat itu menembus masuk ke pikiran bawah sadar Anda dan disimpan meskipun Anda belum mengerti apa itu penjara. Maka jalan hidup Anda sudah bisa dipastikan, yaitu masuk penjara :sob:

Segala jalan akan ditempuh oleh pikiran bawah sadar Anda untuk mewujudkannya. Jika toh Anda orang yang sangat baik, tetap akan ada jalan menuju ke sana. Entah tersangkut korupsi, menabrak orang atau apapun. Karena itu sudah ada di peta Anda. Meskipun secara sadar Anda sudah tidak ingat lagi karena waktu kejadian itu Anda berumur 4 tahun. Anda mengambil mainan teman Anda karena Anda tidak punya dan belum punya nilai nilai mana yang benar dan mana yg salah.

Di bidang keuangan, semua data yg Anda kumpulkan sejak lahir sampai usia 18 tahun. Akan menghasilkan sebuah life map. Jika kenyataannya Anda berada di salah satu dari 2 kondisi ini, yaitu :

1. Anda sudah bekerja keras bertahun tahun, penghasilannya segitu gitu saja. Atau

2. Anda sudah berpenghasilan besar bertahun tahun, tabungannya segitu gitu saja.

Maka bisa dipastikan Anda memiliki life map miskin di pikiran Anda. Life map atau peta kehidupan bidang keuangan ini dibentuk oleh plafon rejeki yang rendah dan atau kecerdasan finansial yang rendah.

Kadangkalanya Anda berusaha keras dengan mengikuti banyak seminar teknis untuk bisa menghasilkan uang. Dimana seminar seminar itu Anda pilih sendiri. Kemudian Anda mengerjakan bisnis yg Anda memiliki passion disana. Sesuai anjuran banyak motivator kuadran kiri. Maka Anda tidak sedang mengubah apa apa, maksimal Anda akan pindah dari kondisi 1 ke kondisi 2.

Kalau Anda mengalami itu, coba lihat lagi, buku buku apa yg banyak Anda simpan. Pasti sejenis beternak lele, manajemen UKM, beternak belut, tehnik bertani hidroponik, cara memiliki rumah tanpa mengeluarkan uang dsb.

Apapun yg ANDA SUKAI, apapun yg Anda memiliki semangat mengerjakan karena senang. Itu adalah sesuatu yang sudah ada di pikiran bawah sadar Anda, sudah menjadi bagian dari peta kehidupan Anda, dan sudah ikut berperan membawa Anda ketempat yg sekarang ini. Jika Anda mengerjakan itu (hal hal yang disukai), maka Anda ibaratnya sedang berjalan di tempat tes sepeda motor yang seperti angka 8 itu. Kadang ke kiri, kadang ke kanan, tapi sebenarnya tidak sedang kemana mana.

Itulah yang sering terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH