Minggu, 05 Maret 2017

Kesabaran Laba-laba




Sudah sangat sering saya menjumpai binatang ini. Namun mekipun sering saya belum bisa bercakap dengannya, maklum saya bukan keturunan raja anglingdarma atau Salomo yang (katanya) bisa bercakap dengan hewan. Kembali ke soal hewan kecil nan indah bernama laba-laba itu. Sore hari saat saya membersihkan rumah dan sekitarnya, saya menjumpai dia sedang membangun jaringnya. Diantara tembok tempat tinggal saya dengan tembok rumah sebelah. Kami tidak mengganggunya, selalin tempatnya tinggi juga karena dia cerdas membangun rumahnya, jauh dari jangkauan kami.
 
TIPS SEJAHTERA


Saat saya melihat (bersama anak-anak saya), dalam hati berguman, “Hewan apa yang akan menjadi santapannya. Lha wong tempatnya memasang jarring saja sempit dan nampaknya bukan jalur utama hewan-hewan terbang melintas”. Namun justru dengan rasa penasaran itu saya tertarik untuk ikut mengamati, meskipun tidak selalu. Saya menyelesaikan kerja bakti  (bukan kerja Bekti lho ya..)membersihkan rumah sudah agak gelap. Kemudian kami mandi dan hendak melanjutkan aktifitas rutin saya. Sebelum saya berangkat, dengan senter HP saya masih menyempatkan menengok laba-laba dan rumahnya. Masih sepi, belum ada yang terjebak. Sayapun berangkat.

Sekitar tiga setengah jam kemudian saya pulang. Berganti baju kemudian menata ruangan rumah yang berantakan karena anak-anak yang bermain. Setelah berganti pakaian santai, mengambil sebatang rokok, keluar rumah dan mencoba kembali mengamati Laba-laba dan jaringnya.
“Waow…hebat!Ternyata Laba-laba itu sudah mendapatkan tangkapannya. Seekor serangga tertangkap. Serangga ini hanya hadir menjelang kemarau dengan suara berisiknya. Dia terbiasa terbang siang namun mungkin karena iseng, saat malam terbang dan terjebak di jarring Laba-laba itu”

Pengalaman sederhana itu mengajari saya tentang kehidupan, tentang berkat, tentang kesabaran dan tentang perjuangan. Laba-laba diciptakan Sang Pencipta dengan segala keunikannya, maka dengan keunikannya pulalah dia akan bertahan hidup. Dengan keunikannyalah dia bisa mengajari manusia tentang perjuangan dan kesabaran. Dan manusia yang beruntung bisa belajar kehidupan dari laba-laba itu adalah saya. Oleh karenaya saya jingin membagikannya kepada siapa saja.


http://bit.ly/d0nisety

Semoga Bermakna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH