Sabtu, 18 Juni 2016

MEMATAHKAN IKATAN




Dalam sebuah kunjugan kerja, Mentri Hukum dan HAM menyempatkan diri mengunjungi seorang yang sedang sakit jiwa sedang dipasung. Alasan yang memasung adalah supaya yang sedang terganggu jiwanya itu tidak merusak dan menghancurkan apa saja di sekitarnya dan yang dijumpainya. Namun dalam pandangan Sang Mentri, tindakan memasung itu adalah tindakan yang sungguh sangat melanggar Hak Asasi Manusia. Mentri itu menyarankan agar membawa  yang sedang mengalami gangguan jiwa ke rumah sakit jiwa supaya bisa tertangani dengan baik dan manusiawi. Intinya adalah bahwa Sang Mentri menolak tindakan pemasungan yang merendahkan harkat serta martabat manusia.
Mentri itu meskipun sepertinya belum pernah membaca Injil,nampaknya setuju dengan tindakan Tuhan Yesus. Yah, di kota Gerasa, Yesus juga tidak mau melihat Manusia yang sungguh sangat disayangiNya dalam pasungan kuasa jahat. Kuasa Jahat yang banyak itu memasung kemerdekaan Lelaki Tak Bernama dari kota Gerasa itu. Hidupnya bebas, namun kesadarannya terpenjara,terpasung oleh kekuatan Jahat. Makanya, lelaki dari Gerasa itu tidak merasa malu dan selalu menyendiri ke dalam wilayah yang ditakuti manusia, Kuburan. Kekuasaan jahat yang mengendalikan Lelaki Gerasa itu sangat kuat sehingga menutup sifat-sifat Illahi dalam diri manusia itu.
Melihat kenyataan itu Yesus iba, maka Ia mendekati lelaki yang sedang tidak bisa menguasai diri dan karenanya dikuasai si Jahat itu. Kejahatan selalu takut dengan Yesus, maka terjadilah dialog antara Yesus dengan si Jahat. Yesus mengisir kuasa jahat itu pergi dari manusia yang sangat dikasihiNya. Kuasa jahat kalah dan bebaslah lelaki gerasa itu. Paska kebebasannya, lelaki gerasa itu berniat untuk membaktikan hidupnya untuk Yesus dengan cara mengikuti Yesus. Namun Yesus melihat dari perspektif lain bahwa untuk membalas kebaikanNya yang sudah membebaskan dirinya dari kuasa jahat itu tidak mesti ikut rombongan Yesus, namun bisa melakukan hal serupa di tempat berbeda.
Seperti Lelaki Gera situ, seringkali kehidupan kita ini dipasung, diikat oleh atau dengan kuasa-kuasa lain yang mengakibatkan kita tidak bisa sepenuhnya mengendalikan diri kita dengan baik. Kekuatan jahat yang memasung kita menjadikan kita kehilangan hakekat Illahi dalam diri kita.  Legion jaman modern ini sangat kuat dan mengerikan dalam rupa uang,alat komunikasi,dunia malam,dunia gemerlap,kebebasa dan masih banyak lagi. Semuanya sering membuat manusia terpenjara, terpasung dan tidak bisa melakukan yang dikehendaki Tuhan Yesus. Maka, seperti Yesus, marilah kita juga berjuang mengusir kuasa jaha tjaman modern ini yang senantiasa menguasahi kita.
Salam Pelepasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH