Sabtu, 29 Juli 2017

Antara Madu dan Kerajaan Surga

Pernahakah saudara mencari, mengupayakan dan mendapatkan madu hutan?Jika menikmati madu hutan entah sebagai obat ataupun pelengkap makanan nampaknya semua yang membaca renungan ini sudah mengalaminya, namun jika untuk proses mendapatkan (bukan membeli) sepertinya jarang sekali.

Untuk mendapatkan madu hutan, apalagi madu hutan di pegunungan keras dan berbatu dan panas, diperlukan proses-proses. Yang pertama adalah mencari. Proses mencari ini membutuhkan perjuangan yang teramat rumit. Mencoba mengamati gerak lebah,mengikuti arah terbangnya kemudian memastikan daerah singgah si lebah. 

Dan jika sudah menemukan tempatnya belum tentu langsung mendapatkan madu tersebut karena mesti ke proses berikutnya. Proses kedua adalah mengambil sarang lebah sebagai tempat madu. Di sinipun diperlukan perjuangan luar biasa, antara tempat yang sulit dan perlawanan koloni lebah. Tempat sarang lebah selalu di tempat yang rumit,sulit dan tersembunyi, kemudian madu yang berkualotas selalu ada dalam koloni lebah yang ganas sengatannya.

Usai proses pengambilan sarang lebahpun belum bisa langsung menikmati madunya karena masih diperlukan proses berikutnya, yaitu menyaring madu dari rumah lebah. Pada proses inipun dibutuhkan kesabaran dan keteltitian serta keberanian. Sabar karena rumah lebah yang bermadu selalu rentan luruh serta teliti karena kalau tidak teliti, bisa jadi akan banyak bercampur kotoran-korotan yang terdapat dalam sarang madu. Jika semua proses sudah dilakukan dan mampu menaklukan semua tantangan, barulah didapatkan madu yang istimewa, yang berkualitas serta yang bisa bertahan lama.

Demikia juga tentang Kerajaan Surga menurut versi Matius, khususnya dalam 13. Kerajaan Surga  itu terkadang kecil namun berpengaruh luar biasa, seperti madu hutan. Kerajaan Surga itu juga tersembunyi di tempat yang sulit, juga seperti madu hutan dan Kerajaan Surga itu bagaikan obat, yang menyembuhka segala jenis penyakit. 

Seperti madu hutan berkualitas yang proses pengupayaannya sangat rumit dan penuh tantangan, demikian juga hendaknya kita  menyadari bhawa mengupayakan Kerajaan Surga itu selalu butuh perjuangan yang hebat.

Salam Madu dan Kerajaan Surga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIKSI Di Malam PASKAH